Nirwana Kampung Bocah sebagai sekolah yang menggunakan metode BCCT atau Metode Sentra. Metode yang diadopsi dari Sekolah AlFalah Cipayung Jakarta Timur sebagai Founder Metode Sentra di Indonesia. BCCT sendiri dikembangkan di luar negeri pada sekolah Creative School Florida Amerika Serikat. Metode ini memang sudah berkembang luas di Indonesia sebagai metode yang telah melalui uji penelitian panjang di CCCRT Florida oleh para pakar pendidikan anak.
Konsep
belajar melalui bermain sebagai ciri utama metode sentra. Konsep belajar yang
menyenangkan agar anak cinta belajar. Anak tidak lagi duduk diam di kelas
mendengarkan guru mengajar. Pembelajaran pada metode sentra bersifat alamiah
melalui berbagai kegiatan, sehingga anak belajar secara langsung tidak sekedar
mendapat pengetahuan dari gurunya. Anak akan menemukan dan membangun
pengetahuannya sendiri sehingga pengetahuan itu akan terekam kuat di memorinya.
Metode sentra dirancang untuk memberikan setting pembelajaran yang bisa memberi stimulus otak anak untuk
aktif, kreatif dan terus berpikir dengan bereksplorasi menggali berbagai
pengalaman dalam proses belajarnya, bukan sekedar mengikuti perintah, meniru
atau menghafal yang diajarkan gurunya. Sehingga nama metode ini Beyond Centers and Circle Time. Beyond Center artinya proses eksplorasi dalam
belajar yang begitu luas. Adapun Circle Time artinya adalah waktu bagi murid
dan guru untuk duduk melingkar membangun interaksi, berdiskusi tentang apa
rencana belajar yang akan dijalankan atau apa yang sudah dilakukan
Konsep pendidikan BCCT memang menenmpatkan anak didik sebagai
pusat dalam proses belajar mengajar. Dari situlah nama BCCT kemudia diadopsi menjadi
metode Sentra. Oleh karena itu yang harus aktif pada saat belajar mengajar
adalah anak didiknya. Bukan sebaliknya, guru yang aktif berbicara mengajar dan
anak hanya pasif diam mendengarkan. Seperti itulah sekolah yang selama ini kita
kenal bukan? Dan masih banyak sekolah yang seperti ini.
Dengan konsep Moving Class, anak secara aktif bias bebas bergerak
dan mengeskplorasi berbagai hal yang ada di sekolah. Peran guru lebih sebagai
fasilitator dan motivator agar proses bermain bias terarah. Dengan begitu aspek
kecerdasan majemuk atau multiple
intellegences (kecerdasan Linguistic, kecerdasan Bahasa, kecerdasan logic Matematika,
kecerdasan Visual Spasial, kecerdasn Intrapersonal, kecerdasan Interpersonal,
kecerdasan naturalis, kecerdasan Spiritual, kecerdasan musical) setiap anak bias
dikembangkan secara optimal.
Semua itu dikemas dalam bentuk metode sentra sebagai alat untuk
transfer pengetahuan melalui berbagai kegiatan yang ada di sentra. Semua kegiatan
dirancang atau disebut Lesson Plan atau rencana pelajaran. Semua proses
transfer pengetahuan kepada anak harus dalam bentuk bermain yang tertuang dalam
Lesson Plan. Tentunya melalui kegiatan main yang membuat anak belajar dengan
efektif. Bukan sekedar main-main. Sehingga waktu bermain, jenis main media dan
bahan yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan anak. Dan semua harus dilakukan
dengan landasan teori yang benar. Sentra yang ada di di Nirwana Kampoeng Bocah
ada sentra bahan alam, sentra balok, sentra main peran besar, sentra main peran
kecil, sentra ibadah, sentra seni dan kreatifitas dan sentra persiapan.
Jadi kunci di metode ini adalah mendidik anak berdasarkan kebutuhan
sesuai tahap perkembangannya.
Metode sentra atau BCCT memang tepat diaplikasikan ke anak usia dini
BalasHapusMaasyaAllah tabarakallah
BalasHapusSekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak anak
BalasHapusWah metode yg bagus sekali, sesuai dengan kebutuhan anak
BalasHapus