AD (728x90)

Feature Post

Post Slider (Homepage)

Selasa, 10 Agustus 2021

Main Pembangunan Membangun Proses Berpikir Anak


Main pembangunan adalah salah salah satu jenis main pada metode sentra atau BCCT. Main pembangunan disebut juga main atau main konstruksi. Ada 2 jenis main pembangunan yaitu pembangunan bersifat cair dan terstruktur. 

Main pembangunan terstruktur salah satunya dengan menggunakan balok. Main pembangunan paud melatih anak untuk merepresentasikan pengetahuan dan struktur berpikir menjadi sebuah karya bangunan. Kesemapatan main pembangunan di usia dini membantu anak untuk mengembangkan kemampuan koordinasi motorik halus, mengembangkan kemampuan berpikir operasional sehingga kemampuan ini akan sangat bermanfaat ketika mereka dewasa nanti.

Main pembangunan dengan menggunakan balok di Nirwana terstimulus di sentra balok. Konsep bermain balok pertama kali di kembangkan oleh Caroline Pratt, pada tahun 1980-an, yang merupakan lulusan akademi keguruan dan mejadi pengajar di New York. Awalnya Carroline memperhatikan pendidikan  tradisional di sekitarnya yang bersifat rutinitas yang hanya terdiri d
ari kegatan membaca, menulis dan berhitung. Kemudian ia berusaha mencari metode pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan dan potensi dari anak anak. Dengan keahliannya mengolah kayu Carroline bereksperimen menciptakan pendekatan pembelajaran melalui balok. 

Mengadopsi dari sistem BCCT dari sekolah sekolah percontohan Nirwana Kampung Bocah yang menjadikan Al Falah sebagai contoh, yang menjadikan sentra balok sebagai salah satu sentra di sekolah untuk mentimulus perkembangan anak sesuai dengan kebutuhannya. di sentra ini anak- anak dilatih untuk mengembangkan proses berpikirnya, harus mampu memiliki ide perencanaan dan memiliki rasa pantang menyerah ketika bangunannya roboh serta rasa percaya diri dalam membangun. 

Tujuan Bermain Balok

Fokus dari sentra balok adalah memberi kesempatan aak untuk main bahan pembangunan. Piaget mengatakan bahwa main bahan pembangunan membantu anak untuk mengembangkan kerampilan yang mendukung tugas-tugas sekolahnya setra mendukung untuk membangun konsep sistematika berpikir. Melalui pembangunan anak anak mempreentasikan ide ide melalui media.  Media yang digunakan di sentra Balok adalah media terstruktur. Balok unit merupakan media terstruktur, dan
mempunyai bentuk yang telah ditentukan sebelumnya. Serta mengarahkan bagaimana anak anak meletakan bahan tersebut menjadi sebuah karya. Contoh media terstruktur lainnya adalah leggo

Kegiatan bermain balok berpotensi untuk meningkatkan pembelajaran terpadu, yaitu bermain balok membantu anak dalam penemuan lingkungan sekitar mereka. Mereka harus berkomunikasi, bertukar ide, dan membuat rencana kemudian membangun untuk merealisasikan ide ide mereka dengan menggunakan balok-balok. Pertukaran ide dan juga mungkin peruahan rencana pembangunan. Kemampuan merencanakan sebelum membangun, kemampuan bekerja sama, memberi dan menerima ide memperluas dunia balok. Hal ini menjadi bagian dari anak untuk belajar berfikir secara teratur dan mengekspresikan diri mereka sendiri secara nyata. Mereka juga belajar untuk klasifikasi, merencanakan, berdisiplin saat bermain balok bersama dengan teman kelompoknya, belajar konsentrasi dalam kegiatan.

7 komentar:

  1. MasyaAllah tabarakallah.. sentra balok keren sekali

    BalasHapus
  2. MasyaAllah tabarakallah... snagat bermanfaat sekali, untuk menerapkan sentra balok...😍👍

    BalasHapus
  3. Masyallah meningkatkan kecerdasaan anak melalui bermain pembangunan

    BalasHapus
  4. Semoga menjadi lembaga pendidikan yg selalu menginspirasi...

    BalasHapus
  5. Awal di nirwana saya sangat tidak paham kenapa anak membangun balik, ternyata Masya Allah penting nya di sentra balok

    BalasHapus

© 2013 PAUD TK Nirwana Kampung Bocah Banjarnegara. All rights resevered. Designed by Templateism